Wisata di Lombok

Desa Banyumulek

Banyumelek merupakan desa yang berada di daerah wisata Lombok yang sering dijadikan obyek wisata pengunjung yang sedang melakukan kunjungan di Lombok. Sebagian penduduk desa banyumulek, bekerja sebagai pengrajin gerabah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Nah, bagi anda para wisatawan yang sedang mengikuti tour wisata ke Lombok atau melakukan kunjungan bersama keluarga, maka sempatkanlah mampir ke desa pengrajin gerabah ini untuk membeli kendi ajaibnya. Loh kok ajaib?

Yah, kendi yang dibuat oleh pengrajin di desa wisata banyumulek Lombok ini memang sedikit berbeda dari kendi pada umumnya. Jika kendi biasa di isi air melalui bagian atasnya, namun kendi dari Lombok ini justru diisi air dari bagian bawah dan bukan atas. Di bagian kendi ini menggunakan sistem kerucut sehingga air yang sudah dituang ke dalam tidak akan keluar tumpah. Sedikit terdengar aneh dan unik memang, terlebih jika anda mengetahui kendi tersebut tidak akan tumpah serta masih bisa digunakan untuk minum. Inilah yang unik dari kendi yang dibuat oleh para pengrajin asal Lombok ini.

Tak hanya menjadi pengrajin kendi saja, namun desa banyumulek ini juga dikenal dengan kerajinan keramik yang khas. Kerajinan yang dibuat pun sangat bervariasi, seperti pajangan dinding, pot bunga, genteng, kerajinan untuk hiasan interior ruangan dan juga asbak. Selain itu masih ada pengrajin kain tenun yang bisa ditemui dihampir setiap halaman rumah desa banyumelek di Lombok. Umumnya pembuat kain tenun ini adalah ibu-ibu yang sudah tua.

Para pengunjung bukan hanya bisa membeli kerajinan yang sudah dibuat oleh para pengrajin saja, namun bisa juga mempraktekannya dan membawa pulang hasilnya. Pastinya pengunjung akan sangat senang membawa hasil kerajinan dari tangan sendiri. Selain itu, pengunjung yang sedang melakukan kunjungan di Desa Banyumulek ini pun bisa melihat proses pengerjaan dari pembuatan hingga hasil yang sudah jadi. Pengunjung bisa membeli kerajinan keramik yang dijual dengan harga kurang lebih 20 ribu saja. Namun, untuk kendi ajaib, pengunjung harus merogoh kocek agak dalam, yakni sekitar 75 ribu.

Description: desa banyumulek merupakan desa wisata di Lombok yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai pengrajin gerabah dan tenun untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *