Beragam destinasi Wisata di Lombok. Kenali dan cintai tempat wisata di lombok ini dan bersiaplah mengunjungi keindahannya bersama Ayo Lombok!

Read More
Wisata di Lombok

Pura Lingsar

Lombok merupakan pulau perpaduan dari agama Hindu dan juga Islam sebab keberadaanya yang dekat dengan Bali. Maka, tidak terlalu mengherankan jika Lombok memiliki 1000 masjid dan beberapa pura ternama dan besar. Bahkan pura ini juga sering dijadikan sebagai obyek wisata oleh penduduk lokal maupun mancanegara. Ini dikarenakan setiap pura yang ada di Lombok ini memiliki ciri khas masing-masing. Pura yang cukup besar dan sering dijadikan obyek wisata ini adalah Pura Lingsar. Pura ini adalah hasil perpaduan dari dua agama yakni Hindu dan Islam sebab di dalamnya terdapat pendopo dan juga mushola sebagai tempat ibadah umat Muslim.

Jika anda ingin menuju Pura Lingsar Mataram, dari Senggigi anda bisa menempuh jarak 1 km dengan melewati mataram. Kendaraan apapun bisa digunakan untuk menuju obyek wisata ini, seperti mobil maupun motor atau bahkan bus pariwisata. Pura Lingsar yang berada di Karangasem ini dianggap sebagai Pura yang suci oleh masyarakat Lombok. Lingsar ini berasal dari penggalan kata Ling yang maknanya adalah sabda atau wahyu. Sedangkan sar artinya adalah jelas atau syah. Jadi secara umum lingsar ini berarti wahyu yang cukup jelas.

Pada saat memasuki gerbang utama pura ini, kita bisa melihat lapangan parkir cukup luas dan gapura yang di bagian kanan dan kirinya terdapat taman yang luas. Setelah itu, kita akan memasuki gapura yang kedua dimana kita akan dihadapkan dengan bangunan besar di bagian kanan. Dan sebelum pengunjung masuk ke area pura lingsar Lombok, pengunjung harus mendaftar dulu serta memberikan donasi seikhlasnya. Pada saat melakukan pendaftaran, pengunjung akan diberikan kain putih yang diikatkan dipinggang untuk penghormatan.

Para penjual yang ada disekeliling pura juga akan menawarkan untuk membeli telur bebek sebanyak dua butir yang mana bisa digunakan untuk melihat ikan keramat. Tak hanya itu, penjual pun akan menceritakan tentang kolam yang bisa digunakan untuk mengabulkan permintaan di dalam bagian pura Lingsar. Pada saat kita masuk dalam pura, maka para pengunjung harus memberikan telur kepada juru kunci untuk dipecahkan telurnya. Konon, ikan keramat yang menyerupai belut ini akan muncul. Namun pada prakteknya tak semua orang beruntung melihat ikan keramat ini.

Description: pura lingsar merupakan pulau perpaduan dari agama Hindu dan juga Islam sebab keberadaanya yang dekat dengan Bali.

Read More
Wisata di Lombok

Taman Narmada

Berada di Pulau Lombok memang serasa tidak membosankan sebab ada banyak tempat yang dapat memanjakan mata untuk dikunjungi. Baik dari panorama alamnya, tempat sejarah yang dijadikan obyek wisata dan juga kehidupan serta budaya masyarakat lokalnya. Mari kita lupakan sejenak obyek wisata alam yang ada di Lombok dan cukup terkenal dengan beberapa pantainya dan juga obyek wisata lainnya. Kita bisa berpindah dan mencoba keindahan alam Taman Narmada yang juga tak kalah menarikanya untuk dijadikan tempat berlibur.

Taman Narmada mataram Lombok ini merupakan perpaduan taman antara wisata buatan dan juga wisata alam yang cukup menarik. Untuk menuju ke obyek wisata ini, pengunjung cukup menempuh jarak sekitar 10 km dari kota mataram menuju arah timur. Konon, taman ini dibuat ketika raja Anak Agung Ngurah sekitar tahun 1727. Tujuan awal pembuatan tempat yang akhirnya menjadi obyek wisata ini adalah untuk upacara Pakalem, dimana upacara tersebut hanya dilakukan ketika pada bulan purnama di musim Caka. Jika menganut bulan masehi, musim caka tersebut berada di bulan Oktober maupun November.

Selain digunakan sebagai upacara Pakalem, Narmada ini juga sering dijadikan tempat bersantai para raja dan juga kerabat kerajaan. Memang tidak salah, bila raja menggunakan taman ini untuk bersantai, dan beristirahat bersama keluarga maupun handai taulan sebab kondisi lokasi ini cukup rindang pepohonan dan memiliki udara yang sejuk sehingga memiliki nilai estetika dan kenyamanan. Udara disekitar kawasan taman Narmada nusa tenggara barat ini cukup semilir dan bisa menyejukkan pori-pori kulit tubuh ketika cuaca sedang panas. Hal ini dikarenakan adanya danau yang berada disekitar taman.

Selain danau yang dianggap suci oleh para umat Hindu di Lombok ini, taman ini juga memiliki bangunan lain seperti gerbang nomor satu, jabalkap, telaga kembar, patandaan, mukedes dan lain sebgainya. Umumnya setiap bangungan yang ada di Narmada ini memiliki fungsi masing-masing dan juga sejarah berbeda. Yang pada akhirnya memiliki nilai budaya tinggi serta ikut membangun nilai tambah budaya secara keseluruhan.

Description: Narmada merupakan salah satu taman yang terdapat di Lombok yang merupakan tempat upacara pakelem dan juga bersantai para raja kerajaan Hindu.

Read More
Wisata di Lombok

Cafe Madu Senggigi

Butuh referensi liburan? Mungkin tidak ada salahnya jika anda mengunjungi Pulau Lombok untuk melakukan liburan panjang bersama keluarga maupun pasangan yang ingin berbulan madu. Beberapa obyek wisata di pulau ini memang cukup menarik dan tak terlalu padat pengunjung sehingga wisatawan bisa leluasa untuk menikmati beberapa pantai maupun obyek wisata lainnya. beberapa obyek wisata yang menarik terpusat pada satu daerah yakni Senggigi, dimana anda bisa mengunjungi pantainya yang berpasir putih dan menikmati fasilitas seperti salah satunya adalah cafe madu senggigi.

Kafe ini adalah, kafe yang paling dekat dengan bibir pantai sehingga para pengunjung kafe bisa bersantap siang maupun malam sambil menikmati pemandangan pantai yang alami. fokus kafe ini adalah pada makanan tradisional khas lombok yang menyuguhkan budaya campuran dari suku sasak dan makanan tradisional dari Pulau Bali. Beragam menu pembuka maupun penutup disediakan lengkap oleh cafe madu restoran senggigi ini. Bagi wisatawan mancanegara yang berasal dari Meksiko, bisa memesan masakan khas Meksiko dan beberapa minuman seperti bir dan anggur. Adapun minuman lain yang bertaraf internasional serta array yang dibuat dalam bentuk jus.

 

Yang menarik dari cafe madu senggigi ini adalah letaknya yang berdekatan dengan pantai sehingga cukup memanjakan mata pengunjung yang sedang berada di kafe ini. pengunjung yang pernah berada di kafe ini mengatakan jika layanan cukup ramah, dan juga sopan. Makanan yang dipesan pun rasanya cukup lezat dan disajikan dengan rapi dan baik. Umumnya pengunjung dari mancanegara yang mengunjungi kafe ini lebih memilih makanan seperti ikan bakar dibandingkan makanan tradisional yang disuguhkan. Ini dikarenakan lidah mereka tidak terbiasa menyantap makanan khas Lombok yang memiliki cita rasa pedas.

Restoran cafe madu senggigi ini tak pernah sepi pengunjung sebab memang lokasinya yang cukup strategis untuk dikunjungi, dan selain itu makanan yang disajikan pun cukup lengkap. Bukan hanya makanan khas daerahnya saja, meskipun fokus utama kafe ini pada makanan tradisional. Namun, cafe madu senggigi ini juga memberikan pilihan menu yang bisa mencakup seluruh pengunjung baik dalam negeri maupun luar negeri. Namun yang terpenting dari kafe ini adalah harganya yang cukup terjangkau.

Description: cafe madu senggigi merupakan kafe yang letaknya tak jauh dari pantai senggigi. Fokus kafe ini adalah pada makanan khas Lombok meskipun menu internasional juga tersedia disini.

Read More
Wisata di Lombok

Kepulauan Gili

KEPULAUAN di Lombok yang terdiri dari, Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, memang terkenal dengan keindahan bawah laut. Banyak wisatawan datang untuk snorkeling dan diving di titik-titik terbaik ketiga pulau ini.

Gili Trawangan Lombok

Tempat menyelam pertama adalah Gili Air. Saat perahu berhenti untuk menurunkan, sudah terlihat terumbu karang dari permukaan air yang jernih sehingga berkesan perairan tersebut dangkal, padahal kedalamannya mencapai lebih dari dua meter. Mulai terlihat banyak ikan kecil berwarna-warni yang berenang di antara terumbu karang.

Arus di Gili Air tidak begitu deras, tapi ombaknya cukup besar. Gili Air sebenarnya mempunyai sebuah palung laut yang cukup dalam, sayangnya hanya dapat dijelajahi oleh penyelam bersertifikat.

Di titik selam selanjutnya, tepatnya Gili Meno, merupakan tempat berkumpulnya penyu-penyu laut. Bila beruntung, kita dapat melihat penyu tersebut duduk di antara terumbu karang dan bercengkerama dengannya.

Di Gili Trawangan merupakan tempat selam dan snorkeling terbaik dengan titik selam terbanyak. Di Gili Trawangan bahkan ada titik selam yang dihuni banyak pari dan hiu. Snorkeling di Gili Meno dan Gili Air sangat menghibur, terutama dengan kejernihan air dan hiburan dari rombongan school fish yang lewat di depan mata.

Sebenarnya, waktu 1 hari mengelilingi kepulauan Gili saja tanpa menikmati pulau gili trawangan lombok sangatlah disayangkan. Ada banyak aktivitas yang bisa kita nikmati di Gili Trawangan apabila kita mau menginap di Gili Trawangan.

Baca lebih lanjut tentang Gili Trawangan Lombok >>

Read More
Wisata di Lombok

Gili Trawangan Lombok

Gili Trawangan Lombok merupakan pulau paling ramai dibandingkan dua pulau lainnya, Gili Meno dan Gili Air. Di sini Anda bisa menginap di penginapan murah di gili trawangan. Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Gili Trawangan Lombok jika Anda memiliki lebih banyak waktu liburan.

1. Berenang di Pantai Gili Trawangan Lombok

Pantai di gili trawangan sangat sangat bagus dengan pasir putih dan karangnya. Anda bisa berenang dengan sangat nyaman di sini. Keindahan pemandangan nya pun tidak kalah cantik.

2. Bersepeda Mengelilingi Gili Trawangan Lombok

Lupakan hiruk pikuk dan penat ibukota serta kerjaan. Saatnya Anda mengelilingi gili trawangan dengan bersepeda. Pulau kecil ini bisa Anda kelilingi dengan bersepeda selama 40-6o menit. Telusurilah pesisir pantai dan saling bertegur sapa dengan para turis mancanegara. Ini sangat mengasyikkan!

3. Menikmati Sunrise dan Sunset Gili Trawangan Lombok

Pilih sunrise atau sunset? Anda bisa dapatkan kedua hal ini di Gili Trawangan. Luangkan waktu Anda dengan bangun lebih pagi untuk bisa mendapatkan spot cantik sunrise di gili trawangan. Ah, pulau ini memang surga nya Indonesia.

4. Menikmati BBQ atau Makan Malam di Gili Trawangan Lombok

Bosan makan malam di mall? Ini saatnya Anda keluar malam hari dan menikmati makan di pesisir pantai gili trawangan. Nikmati BBQ atau makanan seafood langsung dari laut lombok. Pulau ini tidak akan pernah tidur dan selalu ramai selama 24 jam!

Tertarik ingin menikmati Lombok dengan lebih banyak menetap di Gili Trawangan?

Baca artikel ini: Menikmati Sensasi Gili Trawangan Lombok ala Backpacker >>

Read More
Wisata di Lombok

Teluk Nare

Teluk Nare merupakan sebuah teluk yang terdapat di Lombok tepatnya di sebelah Barat yang jaraknya tak jauh dari kota Mataram. Jika pengunjung berminat mengunjungi Pelabuhan Teluk Nare ini bisa melewati menggunakan jalur pantai sebelah barat yakni sepanjang pantai senggigi yang letaknya sebelum pelabuhan bangsal. Obyek wisata ini adalah pemukiman nelayan lokal Lombok yang menjadikan mata pencaharian mereka sebagai nelayan ikan. Pengunjung bisa menemukan beragam kapal yang digunakan untuk melaut, baik kapal berukuran kecil hingga berukuran besar.

Pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan rumah yang ada di tengah laut sebagai tempat tinggal para nelayan in. Mereka memilih rumah yang berada di tengah teluk nare lombok ini karena profesi mereka sebagai nelayan yang nantinya akan memudahkan mereka ketika sedang mencari tangkapan. Bagi pengunjung yang hobi memancing, bisa menyewa kapal para nelayan ini agar bisa mengantarkan mereka mencari ikan di sekitar Pelabuhan Teluk nare. Di tengah laut mereka dapat melihat pemandangan alam yang cukup memukau sambil mengail ikan.

Namun bagi para pengunjung yang tak ingin memancing, bisa duduk-duduk disekitar teluk sambil berbincang dan menikmati pemandangan disekitar teluk sambil menunggu datangnya sunset atau matahari tenggelam. Sembari menunggu datangnya sunset, pengunjung bisa bermain air, atau berendam di Teluk Nare ini. Disamping itu pengunjung juga bisa mampir di beberapa rumah makan yang terdapat di sekitar untuk menyantap makanan khas Lombok maupun ikan bakar hasil tangkapan para nelayan Teluk Nare.

Sebelum pulang menuju rumah, para pengunjung tak bisa membeli ikan hasil tangkapan nelayan di Pelabuhan Teluk Nare untuk dibawa pulang. Namun, tentu saja tak semua pengunjung bisa membeli hasil tangkapan ikan untuk dibawa pulang, terutama pengunjung dari luar pulau lombok. Alternatifnya, anda bisa membeli hasil tangkapan ikan para nelayan tersebut untuk di bakar atau digoreng menggunakan jasa restoran maupun rumah makan diseputaran Teluk.

Description: Pelabuhan Teluk Nare merupakan satu dari sekian obyek wisata yang ada di Lombok. Di obyek wisata ini pengunjung bisa melakukan aktivitas seperti memancing ditengah laut.

Read More
Wisata di Lombok

Bukit Malimbu

Lombok merupakan sebuah pulau yang memiliki destinasi lengkap, dari atas bukit hingga destinasi bawah lautnya. Setelah anda puas mengelilingi beberapa pantai maupun desa wisata yang menyuguhkan kerajinan maupun budayanya, kini anda bisa melengkapi perjalanan anda di Lombok dengan mengunjungi sebuah obyek wisata Bukit Malimbu. Obyek wisata tersebut, memiliki panorama alam yang cukup memukau mata anda begitu pertama kali anda melihatnya. Anda pun harus bersiap-siap untuk membisu ketika melihat pemandangan indah yang disuguhkan obyek wisata tersebut.

Bukit Malimbu Lombok ini memiliki dua bagian, yakni Malimbu 1 dan juga Malimbu 2. Letak keduanya tidak terlalu berjauhan, berada tak jauh dari pusat kota Mataram di daerah Senggigi sekitar 30 menit. Bagi traveler yang hobi fotografi, bisa menjadikan cuaca cerah dengan pemandangan mempesona menjadi angle yang menarik dan bisa diabadikan. Jika dilihat dari atas, pengunjung akan melihat pasir putih yang menghampar luas tepat di depan bukit Malimbu ini. Bagi yang membawa lensa berukuran panjang, bisa membidik Gunung yang berada di Bali, sederet dengan gili sebelah utara Lombok.

Pada saat anda mengelilingi sekitar bukit ini, anda pun akan dihadapkan dengan beberapa spot menarik yang tampak seperti lukisan hidup. Beberapa gugusan pohon seperti pohon kelapa, rerumputan hijau dan beberapa orang sedang menaiki boat akan terlihat dari hamparan pantai senggigi yang tak jauh dari letak bukit malimbu. Pengunjung bisa mengabadikan seluruh panorama ini sebagai bukti jika pernah mengunjungi keindahan Malimbu Lombok. Tak jarang obyek wisata ini bahkan sering dijadikan tempat pemotretan foto pre-wedding bagi pasangan yang ingin menikah. Ini dikarenakan selain tempat nya yang natural adalah karena terlihat cukup santai.

Berada di Bukit Malimbu ini, sangat menarik jika dilakukan pada sore hari sebab pengunjung dapat menikmati pemandangan yang di sinari dengan sunset pada saat cuaca sedang cerah. Namun, jika anda ingin berlama-lama berada di bukit ini, maka sebaiknya membawa bekal makanan atau minuman sebab di atas bukit tidak tersedia warung makan maupun restoran. Namun jika anda cukup kelelahan setelah berputar-putar mengelilingi bukit, anda bisa menyewa gubuk-gubuk untuk beristirahat maupun menyantap makanan.

Description: bukit malimbu yang tak jauh dari pantai senggigi ini bisa menjadi referensi obyek wisata anda ketika sedang berada di Lombok.

Read More
Wisata di Lombok

Oleh-oleh Lombok

Pulau Lombok memang terkenal dengan panorama alam dan kebudayaannya yang memikat, bahkan kepopulerannya kini hampir menyaingi Dewata Bali. Beberapa obyek wisata yang cukup ternama di Lombok dan sering dijadikan kunjungan utama adalah Pantai Senggigi, Pantai Kuta, Pantai Tanjung Aan, Desa Banyumelek dan lain sebagainya. Inilah yang menjadi daya tarik wisatawan lokal bahkan mancanegara untuk mengunjungi Pulau Lombok ini. Namun, jika anda sedang mengunjungi pulau ini, maka jangan sempatkan untuk mengunjungi toko oleh-oleh Lombok dan membawa beberapa makanan maupun kerajinan khasnya.

Dodol rumput laut

Salah satu oleh-oleh makanan lombok ini memang seringkali dijadikan buah tangan bagi pengunjung sebagai oleh-oleh keluarga maupun teman. Dodol ini terbuat dari rumput laut yang dicampur dengan gula pasir dan beberapa buah seperti, nangka, sirsak, tomat, pisang, dan mangga. Rasanya cukup segera, dan tentunya sehat karena terbuat dari rumput laut yang akan memperlancar metabolisme tubuh.

Mutiara Lombok

Sudah cukup dikenal oleh wisatawan jika Lombok merupakan daerah penghasil mutiara, bahkan sudah menjadi ikon di tanah air. anda yang sedang mengunjungi pulau ini, tak ada salahnya jika membeli oleh-oleh lombok ini sebagai souvenir. Berbagai pilihan dengan kualitas dan harga yang bisa disesuaikan dengan kantong. Yang harus diketahui bahwa mutiara dari Lombok ini merupakan mutiara laut, dan bukan budidaya dari air tawar.

Kain tenun

Bagi anda yang senang dengan fashion dan sedang mengunjungi Lombok, maka tak ada salahnya jika membeli kerajinan asal Lombok berupa kain tenun yang dibuat oleh warga Banyumelek. Oleh-oleh khas Lombok ini dikenal dengan proses pembuatan yang cukup rumit dan butuh waktu lama untuk membuatnya. Inilah yang membuat oleh-oleh dari Lombok ini dihargai cukup mahal.

Susu kuda liar

Oleh-oleh Lombok yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita, yakni susu kuda liar Sumbawa. Susu ini jarang sekali dijumpai di daerah lain, namun yang harus anda tau, manfaat dan khasiat dari susu ini adalah bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Description: oleh-oleh Lombok sangat beragam, mulai dari panganan khas seperti dodol rumput laut, susu kuda liar, hingga kain tenun dan juga mutiara hasil budidaya air laut.

Read More
Wisata di Lombok

Ayam Taliwang

Lombok memang merupakan salah satu destinasi wisata yang tak kalah menarik dan indahnya jika dibandingkan dengan pulau bali. Kita bisa menikmati beberapa pantai seperti Pantai Tanjung Aan, Senggigi, bukit Maloimbu, Desa Bayumelek, Pantai Kuta dan lain sebagainya. Tak hanya itu, aneka kuliner di Pulau Lombok ini juga tak kalah lezat dan menarik untuk dicicipi. Salah satu kuliner yang khas dan harus dicicipi ketika berada di Lombok adalah Ayam Taliwang. Kuliner khas Lombok ini diambil dari nama sebuah desa tempat asal kuliner tersebut dibuat. Bumbu untuk membuat makanan ini cukup berbeda dengan ayam bakar pada umumnya, yang tentunya lebih lezat.

Resep ayam taliwang ini menggunakan ayam kampung yang masih muda dan berukuran kecil. Alasan memilih ayam yang masih berusia muda serba rasa dagingnya lebih gurih dan lezat untuk disantap. Beberapa bumbu yang dicampurkan pada masakan nusantara asal Lombok ini adalah bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, cabai keriting, terasi, tomat, kencur, garam, irisan gula dan jeruk limau Pada saat memesan Ayam Taliwang ini, anda akan disuguhi dengan sambalnya yang terbuat dari campuran cabe dan terasi. Untuk melengkapi menu makanan ayam bakar taliwang ini, anda bisa memesan terong bakar, sebagai menu pelengkap.

Kurang lengkap rasanya jika menikmati ayam taliwang asli Lombok ini, anda tidak memesan beberok. Makanan khas Lombok yang dibuat dari campuran tomat merah, jeruk limau, lalapan, terong hijau, kacang panjang dan bawang merah serta tambahan terasi. Sudah kebayang lezatnya bukan? Dijamin, keringat anda akan bercucuran setelah menikmati panganan khas lombok ini.

Adapun beberapa rumah makan, restoran dan juga lesehan yang bisa anda kunjungi ketika sedang berada di Lombok yang menyediakan makanan khas Taliwang ini. salah satu restoran yang tak jauh dari pusat kota yang menyuguhkan ayam taliwang dengan rasa terenak adalah restoran Taliwang Raya. Selain memiliki cita rasa yang nikmat, harga makanan di restoran ini juga cukup terjangkau.

Description: ayam taliwang merupakan makanan khas Lombok yang terbuat dari ayam mudah dengan bumbu khas dari desa Taliwang yang dipadankan dengan bumbu terasi.

Read More
Wisata di Lombok

Desa Banyumulek

Banyumelek merupakan desa yang berada di daerah wisata Lombok yang sering dijadikan obyek wisata pengunjung yang sedang melakukan kunjungan di Lombok. Sebagian penduduk desa banyumulek, bekerja sebagai pengrajin gerabah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Nah, bagi anda para wisatawan yang sedang mengikuti tour wisata ke Lombok atau melakukan kunjungan bersama keluarga, maka sempatkanlah mampir ke desa pengrajin gerabah ini untuk membeli kendi ajaibnya. Loh kok ajaib?

Yah, kendi yang dibuat oleh pengrajin di desa wisata banyumulek Lombok ini memang sedikit berbeda dari kendi pada umumnya. Jika kendi biasa di isi air melalui bagian atasnya, namun kendi dari Lombok ini justru diisi air dari bagian bawah dan bukan atas. Di bagian kendi ini menggunakan sistem kerucut sehingga air yang sudah dituang ke dalam tidak akan keluar tumpah. Sedikit terdengar aneh dan unik memang, terlebih jika anda mengetahui kendi tersebut tidak akan tumpah serta masih bisa digunakan untuk minum. Inilah yang unik dari kendi yang dibuat oleh para pengrajin asal Lombok ini.

Tak hanya menjadi pengrajin kendi saja, namun desa banyumulek ini juga dikenal dengan kerajinan keramik yang khas. Kerajinan yang dibuat pun sangat bervariasi, seperti pajangan dinding, pot bunga, genteng, kerajinan untuk hiasan interior ruangan dan juga asbak. Selain itu masih ada pengrajin kain tenun yang bisa ditemui dihampir setiap halaman rumah desa banyumelek di Lombok. Umumnya pembuat kain tenun ini adalah ibu-ibu yang sudah tua.

Para pengunjung bukan hanya bisa membeli kerajinan yang sudah dibuat oleh para pengrajin saja, namun bisa juga mempraktekannya dan membawa pulang hasilnya. Pastinya pengunjung akan sangat senang membawa hasil kerajinan dari tangan sendiri. Selain itu, pengunjung yang sedang melakukan kunjungan di Desa Banyumulek ini pun bisa melihat proses pengerjaan dari pembuatan hingga hasil yang sudah jadi. Pengunjung bisa membeli kerajinan keramik yang dijual dengan harga kurang lebih 20 ribu saja. Namun, untuk kendi ajaib, pengunjung harus merogoh kocek agak dalam, yakni sekitar 75 ribu.

Description: desa banyumulek merupakan desa wisata di Lombok yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai pengrajin gerabah dan tenun untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

12